Minggu, 06 September 2015

TIPS UNTUK MAHASISWA BARU

TIPS UNTUK MAHASISWA BARU PRODI PBA

Menjadi Mahasiswa Prodi PBA bukanlah hal yang mudah bagi beberapa orang, terutama bagi mereka yang kebetulan merasa salah pilih jurusan. Namun tidak usah khawatir, 5 tips ini dijamin akan memudahkan anda menjalani perkuliahan sebagai Mahasiswa baru prodi pba stain parepare.

1. Patuh & Taat Aturan Perkuliahan
Banyak yang menyangka bahwa aturan yang diterapkan tiap dosen mata kuliah hanya sekedar formalitas sehingga banyak yang menyepelekannya. Padahal, selain mengajar kita untuk disiplin & mendewasakan diri ternyata juga sebagai nilai tambah bagi kita di mata para dosen loh, bahkan bisa jadi akhirnya anda dekat dengan dosen.

2. Dekat dan Akrab Dengan Senior
Senior anda sebenarnya bukanlah orang yang harus anda jauhi, bahkan merekalah sebenarnya yang pertama kali harus anda kenali semua. Meski baru bertemu, anda tidak usah teralalu jaga jarak dengan mereka karena banyak hal yang mereka ingin bagi kepada anda dan itu menunggu tindakan awal anda sebagai mahasiswa baru. Pengetahuan & Pengalaman mereka dalam menjalankan kegiatan keprodian sangat perlu anda ketahui.

3. Rajin Ikuti Kegiatan Prodi
Kegiatan perkampungan hanyalah kegiatan awal yang pasti didapatkan oleh semua warga PBA. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan Nadwa ditiap minggunya. Biasanya warga PBA hanya semangat mengikuti kegiatan nadwa pada awalnya saja, padahal banyak hal yang anda bisa dapatkan jika anda rajin dan tekun mengikuti kegiatan ini. Jika anda bosan dan sulit memahami isi materi yang diajarkan, anda bisa mengamati cara senior anda mengajar. Ingat, anda adalah calon pendidik handal oleh karena itu perbanyaklah ATM (Ambil Tiru Modifikasi).

4. Perbanyak Buku Bacaan
Setidaknya sekali 1 bulan anda harus memiliki buku bacaan baru. Milikilah buku yang menurut anda susah untuk mendapatkannya di tempat lain. Tangguhkan membeli buku yang bisa anda pinjam dari teman anda atau dari perpustakaan kampus (Hehehe....). ya iya donk,...kalo temen sendiri punya, kenapa harus beli, apalagi bisa dipinjam dari perpustakaan kan hemat itu pilihan. Tapi anda pun harus berhati-hati jika ingin meminjamkan buku kepada teman, setidaknya ingatkan dia untuk menjaga dan jangan lupa mengembalikannya jika telah selesai dipakai.

5. Miliki Buku Khusus Mufrodhat
Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagai Mahasiswa PBA harus memiliki perbendaharaan kosakata bahasa arab setidaknya 15.000 (lima belas ribu) kosakata. Oleh karena itu, mulai hari ini juga anda sebagai mahasiswa baru haruslah memilki buku mufrodhat pribadi dan mulailah menghafal kosakata (mufrodhat) yang anda anggap penting untuk di hafal. Sekedar informasi, rela tidak rela anda akan bertemu dengan mata kuliah Muhadatsah yang dimana anda diharuskan menyetor sedikitnya 500 kosakata tiap MID dan 1.000 mufrodhat tiap final.

Nah, itulah sedikit tips buat anda mahasiswa baru di Prodi Pendidikan Bahasa Arab.  Semoga bermanfaat. Dan yang paling penting adalah jika anda menemukan masalah dalam perkuliahan, maka jangan ragu untuk curhat di blogg resmi kita di kotak pesan yang telah disediakan. Insya Allah akan kami atasi secepatnya.

By: R. Alwasilah